Thursday, August 15, 2013

Semua Pintu

2011

Semua Pintu adalah judul instalasi arsitektur untuk sebuah pameran '1001 Pintu' di Jakarta. Pameran ini mengundang 101 peserta mulai dari seniman, desainer dan arsitek. Saya mencoba membebaskan diri dari definisi tentang instalasi arsitektur karena yang ingin saya sampaikan adalah sesuatu yang bersifat abstrak. Bagaimana mewujudkannya ketika dia masih harus terikat material dan struktur untuk terbangun?

Immaterialitas adalah hal yang saya bayangkan karena pintu ini bersifat spiritual. Seperti halnya suatu perasaan yang sulit sekali untuk diungkapkan. Gagasan ini tidak bisa diperlihatkan sebagai gambar arsitektural. Sayang hanya sebuah telepon genggam yang merekam instalasi ini pada saat pembukaan pameran. Instalasi ini hanyalah gambaran akan suatu ke-nirwujud-an yang ternyata bisa didekati dan berinteraksi dengan kehidupan kita.































Berikut adalah penggalan teks katalog pameran yang telah diedit ulang.

Adi Purnomo untuk 1001 Pintu 

Judul         : semua pintu
Medium    : senar, bambu, bakiak
Ukuran     : 1,4 x 7 x 3 m 

Pintu?
Jalan ‘pencarian’ selalu misterius. Kadang seperti menemui pintu terkunci. Sering berputar-putar sendiri tak menentu disitu. Seolah menemui kebuntuan, menemui pintu terkunci berulang-ulang. Tapi ternyata pintu itu mungkin hanya pikiran kita saja. Pikiran yang begitu ramai di dalam dunia yang ramai. Tidak pernah ada pintu yang menutup. Tidak ada pintu itu. Semua adalah pintu.

mencarimu dalam ingatanMu
mengingatmu dalam pencarianMu
mengetukNya dalam tiadanya 
tabir itu hanya ketakutanku

mu …Mu …nya …Nya ....
tidak ada pintu itu
semua adalah pintu

semua pintu




No comments:

Post a Comment